~ SELAMAT DATANG DI BPP KUNJANG KAB.KEDIRI ~ Harga Eceran Tertinggi (HET) Pupuk Bersubsidi : Urea = Rp.1.800,- SP-36 = Rp.2.000,- ZA = Rp.1.400,- NPK = Rp.2.300,- Organik = Rp.500,-

Kamis, 14 Juni 2012

Delapan ciri - ciri makanan sehat

Setiap hari kita menyantap aneka makanan dan minuman. Sebagian kita memilih makanan berdasarkan selera atau rasa makanan saja. Padahal, kandungan gizi makanan juga harus diperhatikan agar tubuh kita sehat dan tidak kekurangan zat-zat penting yang diperlukan tubuh.
Berikut ini ciri-ciri makanan yang perlu anda perhatikan agar kegiatan makan anda bukan sekadar untuk menghilangkan rasa lapar saja .
1. Lemak Hewani Secukupnya
Makanan sebaiknya mengandung lemak hewani secukupnya saja.
Artinya,porsi lauk yang kita makan tidak perlu banyak seperti pada saat makan steak dimana porsi daging lebih banyak daripada sayuran dan nasi atau kentang. Sepotong ikan atau telur serta tempe dan tahu sudah cukup untuk satu kali makan.


2. Non MSG dan Sedikit Garam
Makanan yang mengandung MSG memang memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat. Namun konsumsi makanan dengan MSG kurang bagus untuk kesehatan jangka panjang.Dampak buruk pemakaian MSG ini sampai sekarang masih menjadi perdebatan.
Maka dari itu,sebaiknya kita membatasi konsumsi makanan yang mengandung MSG seperti makanan ringan buatan pabrik. Cermati juga makanan yang mengandung Sodium atau Natrium karena merupakan jenis garam yang kurang bagus terutama untuk penderita hipertensi

3. Mengandung Serat yang Cukup
Sebaiknya,makanan yang kita makan cukup mengandung serat.Gado-gado,urap,rujak merupakan jenis makanan yang bisa kita masukkan dalam menu makanan sehari-hari.Mengonsumsi lalapan dan sayuran yang dikukus juga baik untuk memenuhi kebutuhan serat Anda setiap hari.


4. Sedikit Bahan Pengawet
Makanan kemasan buatan pabrik umumnya menggunakan bahan pengawet,termasuk kaldu instan.Bahan pengawet yang terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya,anda membatasi konsumsi makanan dengan bahan pengawet. Konsumsi makanan segar dan makanan yang baru saja dimasak lebih baik daripada makanan cepat saji yang menjadi awet karena zat kimia tertentu.

5. Sedikit Minyak Goreng
Minyak goreng membuat makanan menjadi berlemak.Sedangkan anda mungkin sudah memperoleh cukup lemak dari jenis makanan lain.Selain itu, makanan yang digoreng dengan minyak suhu tinggi akan membuat gizi alami yang terdapat dalam makanan rusak.
Dan menggoreng makanan dengan minyak jelantah atau minyak goreng yang sudah pernah dipakai juga membuat kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam makanan meningkat.Dampaknya memang tidak muncul seketika,namun suatu saat bisa menyebabkan sebuah Kanker.

6. Tidak Menggunakan Santan
Makanan bersantan seperti opor,soto,dan rendang mengandung kolestrol tinggi. Hati-hati menyantap makanan bersantan seperti itu,karena jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh akan meningkat.
Dampak konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi akan muncul beberapa tahun mendatang,misalnya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan berbagai penyakit jantung.

7. Hindari Makanan yang Terlalu Pedas
Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Pada sebagian orang,makanan yang terlalu pedas akan menyebabkan sakit perut atau sakit maag . Anda boleh saja makan makanan pedas,tetapi jangan terlalu pedas.Selain dapat membahayakan pencernaan,makanan terlalu pedas juga akan membuat penampilan anda berantakan akibat produksi keringat yang berlebihan.

8. Cukup Matangnya
Makanan setengah matang seperti ikan bakar,sate, dan acar juga perlu diperhatikan,terutama bagi ibu hamil karena sama halnya dengan makanan mentah,bakteri atau virus berbahaya pada makanan setengah matang mungkin belum mati.

Sumber : Info sehat  www.blogger.com

8 komentar:

  1. situasi bulan puasa seperti sekarang ini, adanya informasi makanan sehat sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. situasi bulan puasa seperti sekarang ini, adanya informasi makanan sehat sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. blognya sangat menarik dan informasinya sangat bermanfaat. Salam sukses pak.
    Terimakasih banyak sudah mengunjungi http://saepulgens.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Ada pepatah : "makanan enak belum tentu sehat"
    Dan "makanan sehat unt seseorang belum tentu sehat unt orang lain"

    BalasHapus
  5. untuk semua teman2 yang telah memberikan komen kami ucapkan banyak terima kasih, mohon maaf atas keterlambatannya...

    BalasHapus

Trimakasih atas kunjungan dan komentnya..